Selasa, 30 Agustus 2022

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

 

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR

       DINAS PENDIDIKAN

       SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3

          Jln. Pahlawan N0. 26A , Telp. 0335 – 421564  Fax 0335-427732
E-mail : smkn3probolinggo@yahoo.co.id.http://www.smkn3-pbl.sch.id

       PROBOLINGGO  67214

                                                                                           

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

NAMA SEKOLAH                          : SMK Negeri 3 Kota Probolinggo

PROGRAM KEAHLIAN               : Semua Jurusan

MATA PELAJARAN                      : Pendidikan Agama Islam

KELAS/SEMESTER                       : XI

NO

Elemen

MATERI/TOPIK

TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ASESMEN

SUMBER BELAJAR

MODEL PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

1

Al-Qur’an dan Hadis

 

Ilmu Pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia

11.1 Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama

 

11. 2 Mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama

 

11.3

Membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah ajaran agama.

11.4 Membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air, dan moderasi dalam beragama.

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

•Performa   

  (praktik)

•Observasi

•Formatif

•sumatif

Alat dan bahan:

Buku Paket Buku Guru, Internet, dll

 

PBL Projeck Basic Leaning

 

 

18JP X 6 Pekan

2

AKIDAH

Iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

11.5 Peserta didik menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

 

 

 

11.6 Mempresentasikan tentang cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

 

 

 

 

 

11.7 Meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam adalah ajaran agama

 

 

11.8 Membiasakan sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan, menutup aib orang lain, jujur, peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai, rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,

Beriman,

 

 

 

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,

Beriman,

 

 

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,

 

 

 

 

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,

Beriman,

 

 

 

•Performa   

  (praktik)

•Observasi

•Formatif

•sumatif

Alat dan bahan:

Buku Paket Buku Guru, Internet, dll

 

PBL Projeck Basic Leaning

 

 

15 JP X 4 Pekan

3

AKHLAQ

Memecahkan masalah perkelahian antar pelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam Islam

 

11.9 Peserta didik dapat memecahkan masalah perkelahian antar pelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam Islam

 

 

 

11.10 Menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam, menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi

 

 

11.11

Mempresentasikan cara memecahkan masalah perkelahian antar pelajar dan dampak pengiringnya, minuman keras (miras), dan narkoba; menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam, dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari

 

11.12 Meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba, munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat dan meyakini bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama;

11.13 Membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta damai, santun, saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

•Performa   

  (praktik)

•Observasi

•Formatif

•sumatif

Alat dan bahan:

Buku Paket Buku Guru, Internet, dll

 

 

 

15 JP X  3 Pekan

 

4

FIQIH

Ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad

13.14 Peserta didik mampu menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad;

 

11. 15 Mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad;

11.16 Menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam;

 

11.17 Membiasakan sikap menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil, amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat.

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

•Performa   

  (praktik)

•Observasi

•Formatif

•sumatif

Alat dan bahan:

Buku Paket Buku Guru, Internet, dll

 

PBL Projeck Basic Leaning

 

 

18JP X 6 Pekan

5

SEJARAH PERADAPAN ISLAM

Peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia

11.18 Peserta didik mampu menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia;

11.19 Mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia;

11.20 Mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam pada masa modern, peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama;

11.21 Membiasakan sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja keras, tanggung jawab, bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerjasama.

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

 

 

 

 

 

 

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Bekerja Keras, Jujur dan Tanggungjawab

Peduli Lingkungan, dan Bernalar Kritis

•Observasi

•Formatif

•sumatif

 

PBL Projeck Basic Leaning

 

 

15JP X 5 Pekan

                                                                                                                                                                                                                                                                       Probolinggo, 18 Juli   2022

                                                                                                 Guru mata pelajaran

 

                                                                                                ABDUL ROGHIB, S.Ag,M.Pd.I

                                                                                                 NIP. 19700214 200701  1  025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar