Selasa, 30 Agustus 2022

PROGRAM TAHUNAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

PROGRAM TAHUNAN

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

                                                                                   

Program Keahlian  : Semua Program Keahlian                                 Kelas : XI

Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti   Fase   : F

                                                                                   

Semester

elemen

Tujuan pembelajaran

Alokasi

bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

GANJIL

Al Qur’an

Membaca dengan tartil; mengidentifikasi ilmu tajwid; menganalisis;

mempresentasikan; menghafal; dan Membiasakan nilai-nilai yang

terkandung Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. ar-Rahman/58: 33,

serta Hadis dalamkehidupan seharihari

 

15

 

Aqidah

Mengidentifikasi 3 Rukun Dinul Islam, yakni Iman, Islam, dan Ihsan; Menjelaskan rukun dan cabang iman; Menjelaskan pengertian, pembagian dan balasan memenuhi janji; Menjelaskan pengertian, perwujudan, dan keuntungan menjadi orang bersyukur;

Menjelaskan pentingnya menjaga lisan; lisan antara fitnah, ghibah dan buhtan; petunjuk menjaga lisan; dan Menjelaskan pengertian dan macam-macam aib, aib danmedsos, serta akibat aib

9

 

Fiqih

 

Menjelaskan narkoba ditinjaui dari Islam; narkoba ditinjaui dari hukum Indonesia (pengertian, berbagai jenis narkoba yang disalahgunakan, penyalahgunaan narkoba); dan pencegahan penyalahgunaannarkoba

9

 

Akhlaq

Menjelaskan perlunya menjadi Duta Islam yang damai.

Mendefinisikan pengertian, dalil perlunya, serta adab perlunya dakwah

Menjelaskan tujuan dan sasaran, serta

syarat dan metode dakwah

Menjelaskan metode Al-Qur’an dalam menyajikan materi, metode, manajemen, dan

strategi dakwah Mendefinisikan pengertian, syarat khatib, dan syaratsyarat 2 khutbah,

.

9

 

Sejarah

Mengenal lebih dekat Indonesia, Umat Islam

Indonesia, dan Ulama Indonesia untuk Dunia

Menjelaskan riwayat hidup, teladan yang

dicontoh, dan karya

tulis dari Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani, Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul

Khalwati al-Makasari, Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi alPalimbani,

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

GENAP

Al Qur’an

Membaca Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S.

al-Maidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi

dan memelihara kehidupan manusia dengan

tartil; Menulis kembali Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia dengan baik dan benar;

 

Mengidentifikasi tajwid dalam Q.S. Yunus/10:

40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta Hadis

tentang toleransi dan memelihara kehidupan

manusia;

 

 

Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10:

40-41 dan Q.S. al-Maidah/5:32, serta Hadis

tentang toleransi dan memelihara kehidupan

manusia;

 

Menganalisis Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S.

al-Maidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi

dan memelihara kehidupan manusia;

 

 

 

 

 

Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10:

40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32, serta Hadis

tentang toleransi dan memelihara kehidupan

manusia;

 

15

 

Aqidah

1. Menjelaskan pengertian cabang Iman, yaitu: menjaga kehormatan, ikhlas, malu,

dan zuhud

 

2. Menjelaskan dasar naqli cabang Iman, yaitu: menjaga kehormatan, ikhlas, malu,

dan zuhud

3. Menganalisis cabang Iman, yaitu: menjaga

kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud;

 

 

9

 

Akhlaq

1. Menjelaskan adab menggunakan

media sosial

2. Menjelaskan dalil naqli adab menggunakan

media social

3. Menganalisis adab menggunakan media sosial

dalam Islam;

 

 

 

Fiqih

1.  Menjelaskan tentang pengertian pernikahan;

2. Menjelaskan dalil naqli pernikahan.Menjelaskan 

ketentuan pernikahan dalam Islam

Menyimpul kan hikmah pernakahan dalam Islam;

3. Meyakini kebenaran ketentuan pernikahan dalam Islam;

4. Membiasakan sikap komitmen, bertanggung jawab, bersatu, dan menepati janji sebagai bentuk implementasi ketentuan pernikahandalam Islam;

 

12

 

Sejarah

1. Menjelaskan peradaban Islam pada Masa

Modern

 

2 Menganalisis pemikiran tokoh-tokoh Islam pada

Masa Modern

 

3 Mempresentasikan tentang perkembangan

peradaban Islam pada Masa

Modern;

 


9

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                   Guru Mata Pelajaran          

                                                                                   

ATIM SUCIANAH, M.Pd                                             ABDUL ROGHIB,S.Ag,M.Pd.I

NIP. 19660621 199001 2 002                                    NIP. 19700214 200701 1 025                    

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar