PEMERINTAH
PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3
Jln. Pahlawan N0. 26A , Telp. 0335 –
421564 Fax 0335-427732
E-mail : smkn3probolinggo@yahoo.co.id.http://www.smkn3-pbl.sch.id
PROBOLINGGO 67214
Capaian Pembelajaran PAI SMK Fase F
NO |
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
1 |
AL QUR’AN |
11.1 Peserta didik dapat menganalisis
Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi,
toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan
moderasi beragama 11. 2 Mempresentasikan pesan-pesan
Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking),
ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia,
musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama 11.3 Membiasakan membaca Al-Qur’an
dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi,
memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi
beragama adalah ajaran agama. 11.4 Membiasakan sikap rasa ingin
tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat
kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan
selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan
musibah, cinta tanah air, dan moderasi dalam beragama. |
2 |
AQIDAH |
11.5 Peserta didik menganalisis
cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta
dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam 11.6 Mempresentasikan tentang
cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam 11.7 Meyakini bahwa cabang-cabang
iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan
manfaat ilmu kalam adalah ajaran agama 11.8 Membiasakan sikap tanggung
jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan, menutup aib orang
lain, jujur, peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai, rasa ingin tahu
dan pembelajar sepanjang hayat |
3 |
AKHLAQ |
11.9 Peserta didik dapat
memecahkan masalah perkelahian antar pelajar, minuman keras (miras), dan
narkoba dalam Islam 11.10 Menganalisis adab
menggunakan media sosial dalam Islam, menganalisis dampak negatif sikap
munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari, sikap
inovatif dan etika berorganisasi 11.11Mempresentasikan cara
memecahkan masalah perkelahian antar pelajar dan dampak pengiringnya, minuman
keras (miras), dan narkoba; menganalisis adab menggunakan media sosial dalam
Islam, dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam
kehidupan sehari hari 11.12 Meyakini bahwa agama
melarang melakukan perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba,
munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini bahwa adab menggunakan media
sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat dan
meyakini bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah
agama; 11.13 Membiasakan sikap taat pada
aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta damai, santun, saling
menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati |
4 |
FIQIH |
13.14 Peserta didik mampu
menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan
pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; 11. 15 Mempresentasikan tentang
ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam
Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; 11.16 Menerapkan ketentuan
khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan
meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam; 11.17 Membiasakan sikap menebarkan
Islam raḥmat li al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil,
amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat. |
5 |
SEJARAH |
11.18 Peserta didik mampu
menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di
Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran
organisasi-organisasi Islam di Indonesia; 11.19 Mempresentasikan peran dan
keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan
peradaban Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di
Indonesia; 11.20 Mengakui keteladanan tokoh
ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam
pada masa modern, peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan
organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; 11.21 Membiasakan sikap gemar
membaca, menulis, berprestasi, dan kerja keras, tanggung jawab, bernalar
kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li
al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerjasama. |
Guru mata pelajaran
ABDUL
ROGHIB, S.Ag,M.Pd.I
NIP.
19700214 200701 1 025
Tidak ada komentar:
Posting Komentar